• Friday, 30 July 2021
  • INFO TERKINI

    BADAN KESBANGPOL MENGGELAR PENINGKATAN KESADARAN BELA NEGARA ANGKATAN III


    Serang – Rabu, 15 Juni 2021 pukul 08.00 WIB s.d. selesai Badan Kesbangpol Provinsi Banten menggelar Peningkatan Kesadaran Bela Negara Angkatan III pada kegiatan Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) bertempat di Madrasah Aliyah (MA)  Al Ma'arif Pabuaran Kabupaten Serang Tahun 2021.

    Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Angkatan III ini mengundang peserta dari pelajar dan selama acara berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19 dengan mengundang Narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Banten, Camat Pabuaran dan Pimpinan Madrasah Aliyah (MA) Al Ma'arif.

    Bahwa yang mendasari diselenggarakannya kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

    Kegiatan yang dibuka oleh Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Drs. Maman Suratman, MH yang mana dalam sambutannya menerangkan bahwa kesadaran bela negara bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan maupun pembinaan. Oleh karena itu Badan Kesbangpol Provinsi Banten menyelenggarakan acara peningkatan kesadaran bela negara.

    Penyelenggaraan pembinaan dan pendidikan kesadaran bela negara dilaksanakan sejak usia dini hingga dewasa dalam rangka membangun karakter bangsa Indonesia yang mempunyai tekad jiwa bersatu, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara  yang tinggi sesuai nilai-nilai pancasila. Dengan demikian apabila ditinjau dari aspek pertahanan negara, maka karakter bangsa sebagaimana dimaksud merupakan prasyarat di dalam membangun sistem pertahanan semesta.

    Adapun Tujuan diselenggarakannya kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, memiliki tekad, sikap dan perilaku serta menjunjung bela negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.


    Jadwal Sholat


    Prakiraan Cuaca


    Twitter


    Facebook